Rabu, 19 Januari 2011

FISHYWILD (tempat2 mancing di alam bebas, danau, waduk, kali, sungai) SEJABODETABEKBEN


Saya coba himpun beberapa spot mancing di
FISHYWILD (tempat2 mancing di alam bebas, danau, waduk, kali, sungai)
SEJABODETABEKBEN

Ikan yang menghuni tempat tersebut  adalah ikan-ikan air tawar kebanyakan antara lain: Jaer, Betok, Gabus, Bloso, Hampala, Tenggehet, Mas, Lele, Sepat, Senggal, Lundu, Udang, Berod, dll..tp yang paling umum adalah ikan Mujaer….

DANAU
  1. Danau Lido, Sukabumi
  2. Danau buatan : Studio alam TVRI, Depok... banyak ikan emasnya
  3. Danau Sunter, Sunter-Jakarta
  4. Danau Kota Taman Metropolitan, Narogong-Cileungsi
  5. Danau Trisakti, Ciangsana (belakang Kota Wisata)
  6. Danau Kota Wisata Cibubur - tempat dan ikannya ajib, tp skrg lagi verboden (biar ikannya gede2 dolo kali yee)
  7. Danau Griya Asri 2, Tambun-Bekasi Targetnya Ikan mas,Bawal,Lele + Patin kingkong    ( kira2 besarnya se jok motor banyak reel n joran jebol di hajar patin ini )
  8. Danau buatan di belakang Bumi Perkemahan Ragunan (Ikan Mas, Mujair, Gabus)
  9. Danau buatan di Cinere (pinggir jalan-dekat Cinere Mall Depok, kalo dari arah Pondok Labu sebelah kiri)
  10. Danau Puspiptek, Jl. Raya Puspiptek, Serpong (posisi didepan pintu masuk perumahan Puspiptek seberang pintu masuk Puspiptek)
  11. Danau Kalibata, berada didalam Komplek Taman Pemakaman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan (gabus,mujair/nila,betok/betik,srepeng,sepat,mas).
  12. Danau buatan di Perumahan Pasir Raya Cikarang Cibarusah.. lokasinya luas bgt, bnyk rawa2 disekitar danau. ikan: Gabus, Nila/mujair, Beloso, Lele, Sepat, ikan Mas, Bawal, Patin n louhan ( disekitar danau ada beberapa bagan, mungkin lepasan dari bagan2 tsb)
  13. Danau buatan dalam perumahan Grand Residance Setu, Bekasi.  ikan: Gabus, Beloso, Nila, Sili, Sepat + Ikan Mas, Patin n Bawal
  14. .....

SETU
  1. Setu Babakan, Ciganjur-Jakarta Selatan
  2. Setu Mangga Bolong, Ciganjur-Jakarta Selatan (bersebelahan dengan setu Babakan srengseng sawah jagakarsa jakarta selatan, tepatnya di belakang SMK Teladan)
  3. Setu Cipondoh, Cipondoh-Tangerang-Banten (patin, gabus, bloso, bawal, lele, mujair, gurame, mas, sapu2, udang rawa)
  4. SETU Pamulang/Sasak/Ciledug, alamatnya di Jl. Ganesha, komplek VILA PAMULANG, kalo dari jalan raya siliwangi pamulang masuk lewat komplek WITANA HARJA, trus lewatin sekolah Al Azhar (masih di dalem komplek ). disebelah setu itu ada pemancingan harian Ganesha..ikan yg biasa dipancingin disana yaitu Nila (paling dominan, banyak banget), Gabus, sama Pius. ini tempat rame banget yang mancing apalagi pas liburan 17 agustus kemaren....tempatnya adem dan spotnya banyak. ikan yang dominan adalah Nila, pius/cius (pernah ada local angler yang dapet beratnya 5kg up, cuma ikan ini agak susah ngakalinnya).kalo umpan buat nila yang biasa dipake adalah lumut, trakhir kabar patin 9,5kg terangkat dari setu ini.
  5. Setu Perigi, Desa Perigi-Bintaro-Banten
  6. Setu Cogrek, Ciseeng / Parung (Belakang Kompleks NUBIKA)
  7. Setu Tonjong, Parung
  8. Setu Kemuning, Parung (info terakhir, Januari 2011 ada ikan hampala juga)
  9. Setu Salabenda, Kemang-Bogor
  10. Setu Cilala, Telaga Kahuripan (Jl. Raya Bogor_Parung)
  11. Setu Lengkongbarang, Ciseeng Parung
  12. Setu Iwul, Ciseeng Parung
  13. Setu Lebakwangi, Parung
  14. Setu Jampang, Parung
  15. Setu Ciseeng, Parung
  16. Setu Sawangan, Sawangan Depok (deket Sawangan Golf/Cinangka)
  17. Setu Pemda, dekat kantor Pemda Kab. Bogor
  18. Setu Cikaret tepatnya di belakang RSUD  Cibinong
  19. Setu Gede, Dramaga IPB bogor (hanya bisa di pancing dalam event2 tertentu)
  20. Setu Gede, belakang SMAN 1 Depok
  21. Setu Pladen, Beji-Depok
  22. Setu Burung, desa karawang, dramaga, bogor. lokasi tidak jauh dari setu gede
  23. Setu Billabong adanya di dalam komplek perumahan Billabong Parung. Ikan Potensialnya Gabus
  24. Setu Jatijajar, Cimanggis Depok ( Potensi ikannya cukup bagus... patin, gabus, nila babon, betok.)
  25. Setu Cilodong, dekat asrama AD Cilodong
  26. Setu Cibubur 3 : Jalan Cibubur Indah
  27. Setu Buperta, Cibubur
  28. Setu Golf Halim PK..squadron raya (disini ajib ni..tempatnya masih alami..)
  29. Setu Dirgantara 3 Halim..Jl. Raya Pondok Gede
  30. Setu Ceger Tempatnya gak keliatan dari jalan ketutupan pagar tinggi dan gedung Mapindo ( setu dibelakang gedung ) ada di Jl. Raya Ceger-TMII kelurahan Ceger, nanya ama penduduk sekitar pinggir jalan seberang TMII ( keong MAS ) pasti tahu deh..atau ke G. mapindo itu parkir deh kendaraan akang disitu ( ijin satpam ) tp hari minggu aja..sbb hari biasa buat ngantor..
  31. Setu Sela - POMAD Bogor, potensi ikan mujair, Nila, Gurame, snake head, Belida
  32. Setu Cibinong, dekat pasar Cibinong, potensi ikan Srepeng banyak banget, snake head jumbo, ikan emas, mujair, nila, beunteur.
  33. Setu Citayam bersebelahan dengan stasiun kereta Citayam – Bogor
  34. Setu Cilangkap (Ciracas) Jakarta Timur dekat Jl. PKP
  35. Setu Cilangkap Cimanggis Depok (dekat perbatasan Depok Bogor)
  36. Setu Nusantara, Jl. Nusantara Raya Depok 1
  37. Setu Tunggilis - arah ke Jonggol, Mekarsari sonoan dikit
  38. Setu Pengasinan, Sawangan
  39. Setu Universitas Indonesia, UI Depok
  40. Setu Srengseng, Jl. Cempaka-Kembangan Jakarta Barat
  41. Setu Griya Serpong Asri, dalam komplek Griya Serpong Asri-Serpong (gabus, bloso, mujaer)
  42. Setu Gunung Putri, disamping gerbang tol exit Gunung Putri di Jagorawi
  43. Setu Cikokol, Tangerang sebelah mall Metropolis di perumahan Modernland, Cikokol, Tangerang, hanya bisa sabtu-minggu, ada gabus, nila sm lele
  44. Setu Marakash pondok ungu permai, Bekasi - banyak Nila Babon
  45. Setu Rawakalong, potensi ikannya Mujaer, Patin, Bawal, Gabus, Lele dan sapu2.. Ikan mujaer lobangnya sekitar 4-5jari.. patinnya ada yang monster tapi lom berhasil ke angkat.. Umpan mancing rata2 lumut buat mujaer kalau malem pada pakai cacing..
    lokasi belakang PT. PSI (jl. Raya bogor KM 35) masuk lewat jalan gang nangka, ketemu belokan ke kiri pertama masuk kira2 500meter.. mobil bisa masuk .
  46. Setu Rompong. Alamat di Komplek Mabad Rempoa, Ciputat-Timur, Tangerang Selatan.
    ikannya ada Gurame, sapu2, Mas (terkadang lepas dari kolam harian kalau hujan, jadi meluap.....

KALI
  1. Kali Sabi (pecahan Sungai.Cisadane) , Sangego - Pasar Baru, Tangerang
  2. Kali Malang - Bekasi Barat ; lele, betok, jaer, sapu-sapu, gabus
  3. Kali Ciliwung belakang Kalibata Mall
  4. Kali Ciliwung Pasar baru ; belut, lele - can't you believe it : gw pernah lihat ada yg dapet ikan alligator...(lepasan kaleee)
  5. Kali Ciliwung sepanjang Jl. Hayam Wuruk/Jl. Gajah Mada, terutama di pintu air Hotel Jayakarta (Lele, Gabus, Sepat, Sapu2)
  6. Kali Pesanggrahan, Ciputat-Pondok Pinang-Bintaro-Ulujami-Joglo, Jakarta (spot2 tertentu saja, karena banyak sampah rumah tangga dan polusi konfeksi rumahan)
  7. Kali didalam Perumahan Bilabong Permai, Jl. Raya Parung Bogor (kemarin lagi survei perumahan banyak juga yang mancing, cuma belum sempet tanya ikannye)
  8. Kali didalam perumahan Villa Nusa Indah Bekasi. kali besar di depan Masjid. ikan: Mujair/nila, Ikan Mas, Lele, Gabus, Sepat n Sapu2.

SUNGAI
  1. Sungai Cisadane, Pancasan Bogor.. sungai ini mengalir ke arah Tangerang
  2. Sungai.Cisadane, Pintu Sepuluh - Pasar Baru, Tangerang.
  3. Sungai Ciliwung, Bogor (hanya spot2 tertentu saja, karena polusi yg tinggi)
  4. Sungai Labuh, bekasi utara sudah hampir mendekati muara gembong bekasi utara (ikan yg paling sering dapet disitu :Baung yg ukurannya sudah agak besar rata2 sebesar lengan orang dewasa bahkan lebih,Patin,lundu).kalo mau jalan kaki dikit masuk kedalam rawa2nya disitu paling banyak ikan Betok,gabus & bloso yg warnanya putih agak transparan.Lokasi bisa ditempuh lewat babelan bekasi menuju arah pertamina terus ambil arah yg menuju jalan pintas menuju muara gembong,disitu ada perahu buat nyebrangin motor,kalo sudah disitu tinggal tanya aja sama penduduk sekitar pastilah rata2 tau lokasi mancing yg paling mantap buat mancing baung atau kalo pengen gabus atau betok tinggal ke rawa2nya aja.
  5. Muara bendera, lokasi masih diujung bekasi utara & sudah melewati muara gembong bekasi..Kalo disini enaknya mancing malam karena disisi kiri & kanan sungai banyak Rumah penduduk yg rata2 berprofesi nelayan,jadi kalo perlu umpan udang atau balakutak kecil buat umpan gak susah lagi carinya, tinggal pesen aja, tapi kalo udah agak siangan pasti udah gak kebagian lagi umpan segarnya karena udah keburu dibawa kepasar untuk dijual. (Ikan disitu campur aduk antara ikan air tawar & ikan air payau, tapi ane seringnya dapet ikan keropak & ikan utik, tapi kalo air lagi bagus ikan sembilang & kakap juga kadang masih ada yg dapet disitu).
    Lokasi bisa ditempuh dengan sepeda motor & selanjutnya kalo udah mau sampe ujung muara motor dititipkan dirumah penduduk yg memang jadi tempat penitipan motor.

Aliran Depok sekitar Jembatan Stephanus (Jembatan Panus). Terdiri dari beberapa.
Spot favorit
  • Kedung Bayi
  • Kedung Petir
  • Kedung Amplas
  • Kedung Angsana
  • Bawah Jembatan Panus...n sekitarnya
  • Kali Rawa
  • Kali Cikumpa (anak sungai yg bermuara ke Ciliwung)
  • Perumahan Pesona Depok/Pesona Khayangan
  • Bojong....bukan bojong bogor
Ikan Favorit:
  • Lempalung/Hampala (yang sering didapat seukuran 1-3 jari...tiga minggu lalu ada yg dapat sebetis orang dewasa). Anakan Hampala banyak dipinggiran terutama saat air bening.
  • Baung....ini inceran para daily angler
  • Lele
  • Tawes (udah tidak serame 10 tahun lalu...tapi masih sering aja dapat)
  • Lawak ...kalo dapet nih ikan...pasti bawaannya mo ketawa mulu...
  • Lenggehet ...gak tau nama di daerah laen...mungkin beunteur/benter.... sirip dorsal hitam sirip anal ada garis kuning....badan tidak selebar tawes...agak panjang...ukuran max 15-17 cm
  • Keting
  • Gabus males
  • Melem...dah langka...masih ada yg dapet
  • Kancra...dah langka...masih ada yg dapet

WADUK
  1. Waduk Kukila Lubang buaya jakarta Timur
  2. Waduk Cirata : silahkan kontak mbah El Torro, dia kuncen disana
  3. Waduk Jatiluhur
  4. Waduk Katulampa di Bogor (potensi ikan: paray, beunteur, lele gede2, sili kadang ada ikan mas... mungkin pelarian dari kolam2 di daerah ciawi tajur)
  5. …..
LAIN-LAIN
  1. Rawa di samping landasan terbang Pondok Cabe, Jaksel (Gabus, Lele)
  2. Rawa di Jl. H. Muhi, Pondok Pinang, Jaksel dekat pembuangan sampah (Ikan Mujair, Gabus, Sepat, Gloso) == rawa ini sekarang menurut informasi penduduk setempat sepertinya sudah habis ikannya karena tercemar limbah, tinggal sisa ikan sepat dan sapu-sapu saja kelihatannya,
  3. Bekas galian pasir di Cisauk
  4. Bekas galian di belakang Menara Imperium - Kuningan ; jaer, betok, patin
  5. Basement gedung belum jadi yg kerendem - depan Landmark, blkg gd. Indosemen
  6. Spot mancing di area Harapan Indah Jl. Bekasi. tepatnya di BKT banjir kanal timur. mujaernya 5jari-an
  7. Rawa-rawa perbatasan antara Perumahan Banjar Wijaya dengan Moderland Tangerang, Lokasinya persis banget di pintu keluar Banjar Wijaya yang langsung ke Perumahan Moderland. Ikannya betok,sepat, gabus, ikan mas.
  8. Rawa mati deket kompleks Metro tv....potensi ikan sepat, gabus, lele.
  9. Spot deket pintu tol masuk PIK dan Galatama PIK, ikan favorit Mujaer, lele, sapu2... ini yang air tawar.
  10. Spot deket pintu tol keluar PIK dan waterbom PIK ikan vaforit Mujaer laut, bulan2, bandeng, belanak, ini air laut soalnya udah satu aliran sama muara.
  11. Aliran sungai Cisadane di depan PERUMNAS 2 KArawaci, Tangerang.Penghuninya Belida, Baung, Mujaer, Moa, lele, bawal.

4 komentar:

  1. Salam kenal ya Pak,Salam Mancing..sy baru belajar mancing nih mohon bimbingannya..

    thx.

    BalasHapus
  2. ini om Saipul yg sering juara mancing ya,bagi dong ilmunya...sy betul2 nubie nih...

    BalasHapus
  3. saya juga nubie mohon diarahkan ke empang yach Kang Ipul.... jiakakaka

    BalasHapus
  4. hahahaha...pada ngaku nubie..padahal "Pemula" semua: Pemancing muka lama...preet aja

    BalasHapus