Kamis, 12 September 2013

Mancing Bareng Di Galatama Patin Bari Cilangkap

Setelah 10 bulan lamanya teman-teman dari CIDEC mengikuti arisan mancing akhirnya selesai juga.
Untuk menindaklanjuti acara tersebut, nanti pada Sabtu, 14 September 2013 kita akan melaksanakan mancing Bareng di Kolam Galatama Patin Bari Cilangkap Depok. Selain mancing bareng diharapkan ada masukan, ide, kritikan atas apa yang sudah dilaksanakan selama 1 tahun berlalu. apakah akan diteruskan sistem arisan mancing tersebut dengan pola dan cara yang sama atau berbeda, atau mungkin akan di hentikan.

Adapun kegiatan mancing nanti, di ikuti oleh 18 orang yang mendaftar melalui teman kita saudara Abdy di Fishyforum dan mungkin ada yang mendaftar langsung nanti ke Kolam Galatama Bari, sementara yang tercatat baru 18 orang.

Semoga acara mancing nanti berjalan lancar dan seru.

Agendanya kita akan mengikuti dua sesi sekaligus, sesi I dan II (sesi I tiket 40rb mulai dari 13.00-16.00 WIB dan sesi II tiket 55rb mulai pukul 16.00-19.00 WIB)
mengikuti peraturan Pemancingan Galatama Bari Bahwa:
1. Pada sesi I, perlapak boleh dua joran dengan tiket 40rb
2. Pada sesi II, perlapak hanya 1 joran dengan tiket 55rb
3. Rangkaian kail maximal dua rangkai
4. Ikan wajib makan, jadi jika kena dibadan dianggap tidak sah
5. Bagi ikan babon yang akan dibawa kepanitia untuk ditimbang, kail tidak boleh dilepas dahulu, jika dilepas maka dianggap tidak sah.

Mungkin hanya itu dulu, nanti akan dibuatkan reportnya setelah acara mancing selesai.

terima kasih

salam strike......saiful

Selasa, 12 Maret 2013

Report Plampungan di Empang Mawi Pitara

Putaran Arisan Mancing CIDEC ke-V kali ini harusnya giliran Dedy aka Dedung, tp karna suatu hal ane minta agar giliran arisan kali ini dituker dengan saya.

singkat kata akhirnya ane memilih empang lomba pak Mawi di Pitara Depok
pada Minggu 10 Maret 2013

Nama empang : Mawi (Pitara) Depok
Jumlah lapak : 28 (full)
Yang mancing : ane (saiful), Peterson, Batman, N 2 pemancing cabutan
Tiket : 150rb/ lapak/2 joran
Arsenal : eupro, centro, mitchel, globe, awashima
ceritanya begini......

Setelah mendaftar via telepon n dtg langsung untuk kasih DP, pas H-1 langsung siap2in bahan2 untuk umpan.
Entah pertanda apa, saat membuat umpan ada aja bahan yang tertinggal, sehingga harus aduk ulang setelah sadar bahwa ada bahan yang lupa dimasukan ke dalam adonan umpan.
Sengaja ane membuat 2 jenis umpan, yang satu putih dan satunya lagi umpan kuning jagung, buat antisipasi kalo salah satu umpan tidak disukai ikan.

Ane sempet sedikit kecewa karena setelah umpan matang ternyata umpan yang berwarna putih kekerasan, tapi cuek aja tetep ane pake mancing.

Pas hari H, temen2 yang janji datang belum kelihatan juga batang hidungnya, hingga pengundian lapak dimulai. terpaksa ane ambil sendiri undian lapak tersebut dan lapak yang di dapat adalah lapak 24 dan 12. Sempet bingung juga ane mo menempati lapak mana, akhirnya karena pertimbangan cuaca maka ane ambil lapak 24, ga apa2 kepanasan pagi asal jangan kepanasan siang.

Sampe waktu lomba dimulai belum juga ada yang nongol, ane pegang 2 joran dilapak 24 seperti djanggo, lapak 12 masih kosong. alhasil ane cumen jadi tukang service benang aja selama acara mancing dimulai, karena lapak kiri ane setiap narik ikan pasti akan ngelibet benang ane.

Karena blm juga ada yg dateng terpaksa ane telepon temen yang rumahnya deket lokasi empang, ga lama nongol temen n ane kasih joran ane satu ke beliau termasuk umpan kuning ane. ga pake lama dia lsg strike, ga lama om peterson dtg n lsg ane arahin ke lapak 12 krn ane lihat disana ikan lbh makanin dibanding lapak 24.

ane dilapak 24 dengan joran 1 buah masih tetep manyun krn udah kelewat event ikan makanin, ga lama dateng temen ane yang satu lg dgn membawa joran sendiri, n langsung mancing dengan umpan kuning juga, ga pake lama narik 2 ekor ikan pita, sedang ane yg kekeuh pk umpan putih yg sedikit keras belum strike juga..sampe akhirnya berhasil naikin 1ekor juga.

setelah lomba selesai lapak 12 mendapat 4 ekor (2 pita dan 2 ikan biasa) begitu juga lapak 24 (2 ekor ikan pita dan 2 ekor ikan biasa) 2 ekor hasil temen, 2ekor hasil ane sendiri.

Kesimpulannya mancing kemaren hanya numpang jajan n njemur kulit...hahahahahaha
tapi ga masalah, namanya juga mancing...boncos sudah biasa tp kl neter baru luar biasa.

akhirnya ane ucapin kepada temen2 peserta arisan mancing n 2 orang temen ane yang sudah membantu disaat temen arisan belum pada dateng.

udah dulu dah..bingung mo nulis apalagi...



































Rabu, 20 Februari 2013

Apa sich "Memancing" menurut anda??


Apa sih makna memancing menurut pandangan anda??...

Kalo menurut pandangan ane yang sederhana n sedikit tradisional kegiatan memancing adalah suatu pekerjaan/kegiatan mencari/menangkap ikan dengan bantuan alat memancing (joran, reel (kl ada) benang, kail, umpan (khusus di empang/fresh water) mungkin kl di laut beda lagi, saya kurang paham karena belum pernah.

Memancingpun menurut pandangan sederhana saya terbagi lagi menjadi 2 bagian:

1.      Memancing karena untuk kebutuhan hidup (nelayan)

2.      Memancing karena hobby (menyalurkan kesenengan)

Karena saya bukan nelayan maka hanya bisa berpikir dan menulis memancing karen hobby.

Untuk menyalurkan hobby memancing ini sebetulnya bisa disalurkan dimana saja, bisa di kali (sungai) setu, rawa, atau parit2 kecil yang ada ikannya menurut kita. Tapi karena sekarang ini tempat2 memancing yang saya sebutkan sudah semakin sulit untuk menyalurkan hobby kita karena semakin banyaknya tukang jala n struum maka empang pemancinganlah menjadi pilihan yang tepat.

 Empang pemancingan pun ada beberapa kriteria, antara lain:

1.      Pemancingan harian dan ikan dibawa pulang

2.      Pemancingan harian lomba (biasanya hari minggu/rabu) ikan dibawa pulang juga, kalo lagi beruntung bisa bawa hadiah juga

3.      Pemancingan Galatama (ikan mas, lele, patin, bawal) dan ikan tidak dibawa pulang, hanya membawa hadiah/amplop saja jika sedang beruntung.

Saya coba tulis satu persatu perihal sistem mancing diatas tersebut:

Pertama adalah “Sistem Mancing Harian”: ini adalah sistem mancing kesukaan saya, karena bisa mancing seharian, sedikit peraturan (yang penting tidak mengganggu pemancing), dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Biasanya uang yang kita keluarkan hanya 20-30rb saja sesuai ikan yang diturunkan (biasanya setiap pemancing mendapat jatah 1kg saja, kecuali ada kesepakan menambah ikan/nyiram antar sesama pemancing lain).

Memancing dengan sistem harian selain tiketnya murah meriah, umpannya pun bisa kita sesuaikan yang murah meriah juga antara lain:

·         Pellet halus 1 sachet, ikan (bisa apa saja, cari yg murmer aja kaya cuek tongkol 2-3 potong) dan vanilli 1 sachet) caranya aduk bahan jadi satu trus seduh dengan air panas, aduk sampe pas kekenyalannya, jika ada n perlu bisa ditambahkan sedikit kroto.

·         1 butir telur, 1 sachet susu dancow, 1 kerat keju kraft (sribu/kerat kecil), paikin kecil, dan ikan cuek 2-3 potong. Cara buatnya, kocok telur hingga berbusa kemudian masukan keju yg sudah diparut, susu, paikin, dan cuek..aduk sampe tercampur rata..kemudian masukan kedalam kantong plastik kiloan jika perlu tambahkan selembar daun pandan dan kroto jika ada/perlu. Kukus +-20menit. Sampe diempang tambahkan pengeras (mie blender/merk lain) jika umpan terlalu lembek.

·         Bisa juga dengan menggunakan kroto yang besar2, caranya pasang kroto besar ke kail, biasanya 1-2 saja sudah cukup di maka kail Daichi no 3-4. Cara ini efektip jika empang tidak terlalu lebar, menggunakan mata kail tunggal n rangkaian kail langsung tnp kili2

Dengan sistem mancing harian ini kita dapat menikmati mancing seharian secara bebas tapi sopan sambil uji coba umpan sebelum turun di mancing harian lomba, karena biasanya untuk mancing harian ini kita bisa lebih enjoy n bebas menggunakan umpan apa aja.

Kedua “Harian Lomba” sistemnya hampir sama dengan mancing harian biasa hanya saja dalam mancing harian lomba ini biasanya tiketnya lebih mahal karena ikan yang dilepas lebih banyak dan ada hadiahnya juga. Dalam mancing harian lomba pun bisa dibedakan beberapa bagian lagi antara lain sistem gaplehan (biasanya total terbanyak/terberat dalam 1 korang yg dijadikan patokan penentu pemenangnya dan biasanya waktu memancing hanya 3-4 jam saja) dan harian lomba harian babon (biasanya lomba dengan sistem ini dalam menentukan pemenangnya adalah yang mendapatkan ikan babon terberatlah yang akan menjadi pemenang) dan dalam lomba harian biasanya pemenangnya lebih dari 1 orang, karena ada predikat 1, 2, 3, dan total prestasi. Tapi semua tergantung dari peraturan masing2 empang.

Dalam memancing dengan sistem lomba harian, lapak ditentukan dengan cara di undi dan pemancing tidak boleh pindah2 lapak karena jika pindah2 lapak maka akan di tampol pemancing lain…hehehehehe.

Memancing dengan sistem harian lomba ini selain harga tiket lebih mahal umpanpun biasanya disesuaikan dengan harapan ikan mau makan umpan kita karena disini sudah terlihat sedikit persaingan karena ada hadiah/juara yang didapat.

Untuk umpan mungkin saudara2 lebih tau dari saya karena saya hanya pemancing harian biasa saja. Dan untuk memudahkan contekan bisa lihat di http//www.fishyforum.com.

Ketiga “Memancing sistem Galatama”. Dengan sistem mancing galatama ikan tidak boleh dibawa pulang hanya hadiah saja, itu juga kalo lagi hokky…hehehehe kl ngga manyyuuuuuunnn…

Dalam galatama ini biasanya ikan yag digunakan adalah ikan yg ukurannya sudah lebih besar dari ikan2 yg digunakan untuk mancing harian.

Ada beberapa macam mancing Galatama:

1.      Galatama ikan mas

2.      Galatama ikan patin

3.      Galatama ikan lele

4.      Galatama ikan bawal

Dan yang paling banyak adalah Galatama Ikan mas, kemudian lele, Patin dan bawal.

Biasanya dari keempat sistem mancing Galatama tersebut hanya galatama ikan lele dan bawal saja yang umpannya hampir sama sedangkan untuk galatama ikan patin lebih mirip ke galatama ikan mas untuk umpan2nya hanya saja untuk galatama patin sedikit lebih asam untuk aroma2 umpannya.

Setiap galatama pun berbeda peraturannya:

Untuk galatama ikan mas kail nyangkut dibagian apapun ikan biasanya masih bisa masuk nominasi

Untuk galatama patin hanya ikan yang makan/kail kena dimulut lah yg sah

Untuk galatama lele masih berbeda2 aturannya, ada yg membolehkan senggol bacok dan ada yg hanya makan/nyangkut dimulut yg dianggap sah

Untuk galatama bawal hampir sama dengan ikan mas.

Mungkin segitu dulu dah…pegel juga tangan…hehehehehehe
Tapi semua kembali ke niat masing2 pemancing, niatnya mau menyalurkan hobby atau ada niat lain.

Satu lagi yang paling menentukan saat kita mancing adalah faktor HOKI, ga ada ini semua menjadi percuma…umpan bagus kl dpt lapak boncos maka umpan kita cumen jadi urukan empang doang..hehehehe.

Begitu juga biar kata alat pancing kita bagus n skill kita diatas rata2 pemancing lain tp HOKI ga ada, maka kita cumen jago nitikin n mbikin spot doang tp jarang strike.

Maka berdoa lah sebelum mancing supaya dapet lapak yang ikannya lagi arisan.

Ini hanya pendapat saya belum tentu anda sependapat..tapi itulah seninya mancing.

Kamis, 14 Februari 2013

ARISAN mancing CIDEC

Sesuai judulnya "Arisan", maka hasilnya ya arisan...hehehehehehe kayak ibu2
tapi manfaatnya memang sungguh terasa terutama kebersamaannya.

Atas kesepakatan bersama maka kita sebagian kecil dari penghoby mancing yang berlokasi di Depok (dan dua temen dari bogor) sepakat mengadakan arisan mancing yang mana setiap peserta arisan mancing tersebut setiap bulannya mengumpulkan uang masing2 Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah). dari hasil ngobrol-ngobrol terkumpulah 10 orang peserta yg berarti setiap bulannya kita punya modal Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) untuk mancing, lumayankan?...hehehehehe.

Kesepuluh peserta tersebut adalah: Abdy, Agus (Elrico), Bagus Imam BIM, Burhan, Dedung, Edho, Paus, Peterson, Ricky Batman, dan Saiful.
Sistemnya adalah kita sepakati sesuai abjad, jika namanya berabjad "A" maka ia berhak mendapatkan duluan yg berikutnya mengikuti belakangan, dan apabila berhalangan maka boleh di dahului oleh nama yang lain.
Dan dari arisan mancing tersebut kita membuat kesepakatan antara lain:
1. Lokasi mancing ditentukan oleh yg mendapat giliran arisan
2. Jika tiket mancing lbh mahal dari jumlah arisan maka akan menjadi tanggung jawab yg mendapat arisan
3. Diusahakan dalam memancing 1lapak utk 2 joran, jadi yang satu joran bisa digunakan bergantian oleh peserta arisan lain, kl yang satu silahkan gunakan sendiri
4. Jika dalam memancing tersebut mendapatkan hadiah/menang, maka wajib membagi 50% hadiah tersebut untuk uang kas (yg akan digunakan utk mancing bareng dikemudian hari)
5. Bertanggung jawab

Kebetulan Arisan ini sudah berjalan beberapa kali:
Pertama didapat oleh Abdy yang digunakan mancing di Sabar Jaya (H. Budin)
Kedua didapat oleh Agus (Elrico) yang digunakan mancing di Sabar Jaya (H. Budin) Juara II
Ketiga didapat oleh Bagus Imam BIM yang digunakan mancing di Fortuna, Juara II
Keempat didapat oleh Burhan yang digunakan untuk mancing di Fishing Valley
dan peserta selanjutnya segera menyusul dan semoga tetap berjalan dengan lancar.

Demikianlah hasil arisan mancing sementara ini, nanti diterusin lagi kalo sudah semuanya merasakan mancing dengan sistem arisan tersebut.

Membuat Pumbul Kayu Sederhana

Kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat Pumbul/Plampung yang bahan dasarnya dari kayu ringan.

bahan:
1. kayu bekas peti buah (jatibelanda)
2. pisau cutter
3. amplas kayu kasar dan halus
4. cat asturo (merah, kuning, hijau, putih)
5. Pillok warna clear/bening
6. lem kayu
7. kawat neklin/peniti/paper klip

cara membuat
Pertama ambil kayu bekas peti buah (banyak dibuang ditukang buah), potong dan bentuk kasar dulu seukuran yg kita kehendaki misal 3-5cm sebesar jari kelingking.

setelah kayu berbentuk silinder dan masih sebesar kelingking kemudian diraut dengan pisau cutter sehingga berbentuk seperti pelampung/pumbul yang kita kehendaki. stelah terbentuk kemudian haluskan dengan amplas kasar dan halus sehingga tampilan pumbul/plampung terlihat lebih sempurna.

stelah pumbul terlihat sempurna, lubangi bagian bawah pumbul dengan lebar+-1mm dan panjang 1cm, pungsinya utk meletakkan kawat neklin pada bagian bawah pumbul.

setelah selesai dilubangi dgn cutter, masuka kawat yg sudah ditekuk dan berbentuk ke dalam lubang tersebut, kemudian tambal kembali dengan lem kayu yg kemudian di tutup dengan kayu bekas rautan tadi, ratakan setelah kering dgn amplas.

setelah lem kering dan rata, siapkan beberapa warna cat asturo (warna cerah dan mudah kering), jika ingin warna asli tidak perlu dicampur dgn bbrp warna. kemudian oleskan cat dgn koas kecil ke permukaan kayu hingga 3x pelapisan supaya pori kayu tertutup. kemudian jemur sebentar hingga kering.

Untuk finishing, gunakan cat pillok warna clear/bening, tujuannya agar air tidak menyerap ke dalam pumbul/plampung kayu dan tidak membuat cat asturonya luntur. semprot 3x, setiap 1 semprotan jemur +-5menit. hasil akhir pumbul/plampung anda akan berwarna cerah dan mengkilap.

sekarang anda sudah memiliki pumbul/plampung untuk memancing dari hasil kreativitas sendiri dan sudah barang tentu warna dan model sesuai keinginan anda.

selamat mencoba...memang harga pumbul/plampung sangat murah, tp dengan hasil karya sendiri akan lebih terasa kepuasannya.


Rabu, 25 Januari 2012

Mancing Bareng dgn CIDEC di H. Budin 25 Februari 2012

Dikarenakan sudah cukup lama kita tidak melaksanakan mencing bareng , maka pada kesempatan kali ini kami CIDEC (mancing bareng depok community) mengajak sodara dan teman utk mancing bareng & menyambung silaturahmi di empang Sabar Jaya (H.Budin) Pasir Putih Sawangan Depok.

Tempat         : Pemancingan Sabar Jaya (H. Budin)..empang hariannya
Waktu          : Sabtu, 25 Februari 2012 (pkl. 8.00-selesai)
Tiket             : Rp60.000,00 (termasuk 1 buah topi cidec)
sistem           : harian , tp bisa kita buat C utk hadiah supaya makin seru (disesuaikan keinginan angler)
lapak            : 30 lapak (jika peserta lbh lapak disesuaikan, kapasitas empang 40 lpk)
ikan              : ikan yg akan diturunkan rencanya sebayak 100kg ( bayangkan dengan tiket hanya 60rb ikan  
                      1kwintal /100kg...dapet topi exlucive CIDEC juga lagi...murahkan?? (iyalah..karena ada             donaturnya

Buruan daftar..tempat & peserta terbatas !!..kita sediakan 36 lapak

list peserta yg sudah mendaftar & konfirmasi pasti ikut

1. Saiful ------------ikut
2. Batman ----------ikut
3. eLRiCo ---------ikut
4. Burhan ----------ikut
5. Innoth -----------ikut
6. Edo -------------ikut
7. Abdy -----------ikut
8. Imam-BIM -----ikut
9. Ibnu ------------ikut
10. Peterson ------ikut
11. Asep suherman--ikut
12. Breh hermawan ....ikut
13. Emarjanih ----ikut
14. Qbenk ------ikut (niat mo ajak 1 teman..tunggu konfirmasi selanjutnya)
15. Setan blower ikut
16. Bolix -----ikut
17. Komeng ----ikut
18. Lutzfee ------ikut
19. Detomen -----ikut
20. Hendra (millis) ---blm konfirmasi (liat jumat)
21. Fauzan 1 (lunas trsfer BCA kang Betmen)--ikut
22. Fauzan 2 (lunas trsfer BCA kang Betmen)--ikut
23. Asnawi (FIB) ----ikut
24. Rama/Komeng (FIB) lunas ke saiful---ikut
25. A. Safei (FIB) 50k ke saiful---ikut
26. Budi Akzo ---- ikut
27. Pur Akzo ------ikut
28. Roedy Full -----ikut
29 Udin FIB
30. Bowo (temennya BIM)
31. Priya Fishing
32. lowongan
33. lowongan
34. lowongan
35.lowongan
36 lowongan
Sisa 5 lapak lagi....kemungkinan jika sampe Jumat tidak ada konfirmasi, maka lapak2 tersebut akan di isi oleh temen2 dari nama2 tersebut diatas....horeeeee.....

sekarang Rabu, 23 Februari 2012 jam 3.08 WIB 

Pendaftaran via hp or MLM (mulut lewat mulut)
hub saiful :0858 806 400 29
betmen : 08111772531
elrico : 081908274711